18/05/2022
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Klikpos.net/Cininong-Jum’at 26 Februari 2021 bertepatan berakhirnya Hari Raya Imlek 2572 yang di sebut Cap Go Me terasa ada yang berbeda dalam situasi pandemi sekarang ini.

Biasanya, Lithang/Kong Miao/Kelenteng/Bio yang merupakan tempat peribadatan umat Khong Hu Cu pada setiap Hari Raya Cap Go Me selalu dipenuhi oleh umat yang bersembahyang. Namun untuk perayaan Cap Go Me tahun ini Lithang Matakin (Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia) Cibinong tidak mengadakan acara Cap Go Me.

“Hanya perayaan sembahyang para rohaniawan saja, itu pun terbatas jumlahnya, mengingat Lithang tetap mengikuti standard prokes dari Pemerintah,” terang pengurus Sekretariat Lithang Matakin Cibinong, Aun Susanto kepada Klikpos.net, Kamis (25/2/2021).

Gugus Covid Kecamatan Cibinong, kata dia, hanya mengijinkan beribadah untuk 30% saja dari keseluruhan jemaat yang jumlahnya hampir 300 orang.

Aun Susanto (Foto:Johan).

Lithang yang berada di Jalan Tapos Cibinong dan sudah berdiri sejak tahun 1962 itu, bangunannya masih terlihat kokoh. 

Hampir mayoritas umat adalah warga keturunan Tionghoa yang berada di daerah Kecamatan Cibinong dan sekitarnya, bahkan ada yang dari wilayah Kota Depok, seperti Tapos.

Menurut Harapan Aun Susanto umat Khong Hu Cu saat ini sudah rindu untuk beribadah berjemaat bersama lagi dalam suasana kebersamaan yang penuh cinta kasih. 

“Semoga Covid-19 ini segera berakhir,” tandasnya. (Johan Setyawan)

Baca Juga:  Forkompinda Kota Bogor Sidak Pasar Temukan Minyak Goreng Kemasan Masih Langka