17/05/2022
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
1011

Klikpos.net-Perkumpulan Jurnalis Indonesia Demokrasi (PJID) akan menggelar kegiatan bertajuk Refleksi Realisasi Pembangunan Kabupaten Bogor 2019 Menuju Pembangunan Kabupaten Bogor Lebih Maju Tahun 2020.

Kegiatan yang akan digelar di komples Pemkab Bogor Jumat (24/01/2020) tersebut merupakan salah satu wujud kontrol sosial insan pers sebagaimana diamanatkan Undang-Undnag No. 40/1999 tentang Pokok-Pokok Pers.

“Pembangunan merupakan tanggungjawab bersama. Semua stakeholders sesuai fungsi masing-masing bertanggungjawab di semua sektor pembangunan. Setiap warga berkewajiban membantu pemerintah dalam merealisasikan pembangunan, termasuk DPC PJID kabupaten Bogor. Salah satu fungsi pers adalah mempublikasikan, menyosialisasikan, mengontrol dan mengoreksi realisasi pembangunan serta mencari solusi dan memberikan masukan kepada pemerintah sehingga kekurangan kinerja tahun sebelumnya dapat diperbaiki tahun berikutnya,” ujar Ketua PJID Kabupaten Bogor Walbet Marpaung di kantor sekretarias PJID, Selasa (21/01/2020).

Lebih Lanjut Marpaung menegaskan bahwa kegiatan tersebut bakal melibatkan para pihak yang menginginkan Kabupaten Bogor lebih maju di tahun berikutnya.

“Kegiatan ini bukan ajang untuk mencari kesalahan maupun memgungkit kesalahan, akan tetapi  mencari solusi dan menginspirasi  para audiens dengan harapan memunculkan inovasi baru untuk rencana pembangunan tahun berikutnya,” tandas Marpaung.

Diharapkan semua organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkab Bogor dapat mengikuti kegiatan tersebut. Menurut Marpaung panitia juga  mengundang para panelis dari dalam dan luar instansi Pemkab Bogor. Salah satunya Anggota DPR RI  Dapil Jawa Barat V Kabupaten Bogor, Pembina PJID Kabupaten Bogor, Ketua DPRD Kab. Bogor, Sekda Kab Bogor, Asisiasi Jasa Kontruksi, Konsultan, KADIN  Kab. Bogor, akademisi, pengamat kebijakan publik, Ormas dan OKP yang diwakili KNPI.

Penasihat PJID Kabupaten Bogor, Adenan Manurung, sangat mendukung kegiatan tersebut. Pasalnya dengan kegiatan semacam itu sekaligus semua fungsi pers sebagaimana diamanatkan UU 40/1999 bisa dilaksanakan.

Baca Juga:  Putuskan Penyebaran Covid-19, Kesbangpol Kab. Bogor dan Ormas Bagikan Masker Gratis

“Fungsi pers menurut UU tentang Pokok-Pokok Pers adalah; informasi, pendidikan, hiburan dan kontrol sosial. Dengan kegiatan diskusi berupa refleksi realisasi pembangunan Kabupaten Bogor tahun lalu itu semua fungsi pers tersebut sekaligus bisa dilaksanakan. Di sisi lain kita berharap Pemkab Bogor dan stake holder lainnya dalam kesempatan itu mendapat informasi akurat dari pers sehingga dapat digunakan sebagai penentu kebijakan di berbagai bidang,” ujar Adenan manurung. (fix)