07/02/2023
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Klikpos.net/Bogor – Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) bekerjasama dengan Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) mengadakan World Walking Day 2022 serentak pada Minggu (2/10/2022).

Di Kota Bogor pelaksanaan World Walking Day 2022 dilaksanakan dengan gerakan jalan kaki massal yang dilaksanakan dari Gor Pajajaran di Jalan Pemuda, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor menuju Lapangan Sempur di Jalan Jalak Harupat, Kecamatan Bogor Tengah.

Para peserta jalan kaki dilepas langsung Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil didampingi oleh Ketua KORMI, Haryono Isman, Wali Kota Bogor, Bima Arya, Ketua KORMI Kota Bogor, Zaenul Mutaqin.

Selanjutnya Ridwan Kamil pun ikut serta dalam aksi jalan kaki melintasi rute Jalan Ahmad Yani, melintasi pedestrian di Jalan Jenderal Sudirman, hingga finish di Jalan Jalak Harupat.

Ia pun mengapresiasi kegiatan yang digagas oleh APEKSI dan KORMI.

“Tadi saya jalan kaki dari Gor Pajajaran, Alhamdulillah sudah berkeringat. Kalau kita berkeringat tandanya kita sehat. Terima kasih wali kota terhebat yang jadi ketua wali kota wali kota se-Indonesia. KORMI itu olahraga masyarakat, ada jalan kaki, ada yang sifatnya tidak terlalu kompetitif namun banyak manfaatnya,”katanya.

Setelah mengikuti aksi jalan kaki, Ridwan Kamil bersama Bima Arya, Haryono Isman dan Zaenul Mutaqin mengikuti senam sehat bersama warga yang dilanjut dengan membagi-bagikan doorprize sepeda.

Di bidang olahraga kata Ridwan Kamil, Jawa Barat juara terbukti meraih prestasi di berbagai kompetisi.

“Kita ini juara PON di Papua. Kita ini juara kompetisi antar SMA. Juara olahraga disabilitas, pokoknya yang namanya olahraga Jabar juara,” katanya.

Ia pun mengutip kata-kata Bima Arya tentang semangat untuk terus bergerak.

Baca Juga:  Pamela Safitri Buktikan ‘Duo Serigala’ Masih Ada

“Oleh karena itu seperti Kang Bima bilang kita jangan banyak rebahan kita harus bergerak. Dalam bergerak ada keberkahan ya,” katanya.

Di lokasi yang sama, Ketua APEKSI yang juga Wali Kota Bogor, Bima Arya mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan serentak di 24 kota di Indonesia atas kerja sama APEKSI dengan KORMI.

Kota-kota yang ikut melaksanakan secara serentak diantaranya, Bogor, Malang, Balikpapan, Batam, Pekalongan, Semarang, Sungai penuh, Padang, Cilegon, Gorontalo, Tasikmalaya, Surabaya, Bontang, Bekasi, Medan, Sabang, Salatiga, Depok, Tidore, Parepare, Tarakan, Banda Aceh, Cimahi, Pasuruan.

“Jadi hari ini kita buktikan bahwa warga Kota Bogor senang jalan kaki” kata Bima Arya.

Dari sisi infrastruktur, Kota Bogor memiliki jalur pedestrian yang terintegrasi di pusat kota yang menghubungkan kawasan Bogor Utara dan Bogor Tengah.

Tak hanya itu, di jalur-jalur permukiman pun sudah banyak pedestrian yang dibangun untuk memberikan akses bagi para pejalan kaki.

Di bidang sarana dan prasarana olahraga, Pemerintah Kota Bogor saat ini sedang proses pembangunan stadion mini di tiga kecamatan.

“Insya Allah tahun ini kita akan meresmikan tiga stadion baru, di Bogor Utara, Bogor Selatan, Bogor Barat,” ujarnya.

Kegiatan yang diikuti oleh ribuan masyarakat di ini pun diapresiasi oleh Ketua KORMI, Haryono Isman.

Menurutnya kegiatan Bima Arya sebagai Ketua APEKSI bisa mengajak kota-kota di Indonesia untuk bergerak bersama secara serentak untuk mengadakan kegiatan World Walking Day 2022.

“Nah, Indonesia pertama kalinya mengadakan world walking day yang sekaligus tidak hanya di Kota Bogor, tapi berkat pak Bima Arya yang juga ketua APEKSI kemudian diikuti oleh 24 kota yang mengikuti,” ujarnya.

Kegiatan yang melibatkan ribuan masyarakat ini dinilai Haryono sangat luar biasa. Karena menurutnya masyarakat sangat antusias untuk mengikuti kegiatan jalan kaki dan senam sehat.

Baca Juga:  Meriah, Karnaval Budaya JKPI 2021 di Kota Bogor

“Antusias masyarakat ini luar biasa, karena pak wali kota ini mengajak masyarakat happy dulu, gembira dulu. Kumpul bersama, gembira dan di dalam kegembiraan itu ada unsur olahraga, kesehatan dan kebugaran. Jadi artinya, gerakan world walking day yang dirilis oleh APEKSI dan KORMI maka Indonesia bugar 2045 akan terwujud,” ujarnya.

Menurutnya gerakan ini memerlukan dukungan kota-kota di seluruh dunia dan sudah dimulai dari Kota Bogor dan 23 kota lainnya di Indonesia.

“Nah Indonesia pertama kalinya mengadakan world working day yang sekaligus tidak hanya di Kota Bogor, tapi berkat pak Bima Arya yang juga ketua APEKSI kemudian diikuti oleh 24 kota yang mengikuti,” katanya.

Ia pun mengapresiasi gerakan masyarakat di Kota Bogor yang kompak dan guyub untuk gerak bersama mengikuti kegiatan World Walking Day. (Adenan Manurung)