28/02/2024

Ilustrasi misteri internet tak terpecahkan (Pixabay/Klikpos).

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Klikpos.net – Dunia internet semakin familiar di kalangan publik. Namun meski demikian ada saja misteri tak terpecahkan yang melingkupinya.

Dilansir WatchMojo.com, belum ini, setidaknya ada 10 misteri seputar internet teratas yang hingga kini belum terpecahkan baik oleh awam maupun ilmuwan.

Berikut daftar kasus membingungkan yang pernah muncul di internet atau terkait erat dengannya.

10: Email Jack Froese

Kita semua pernah mendengar cerita seram tentang roh yang berkomunikasi dari sisi lain, namun pesan seperti itu biasanya disampaikan melalui paranormal, papan Ouija, atau media transendental lainnya. Namun, tampaknya Jack Froese, yang meninggal mendadak karena aritmia jantung pada usia 32 tahun pada tahun 2011, percaya untuk mengambil pendekatan yang lebih modern dan langsung untuk menghubungi orang-orang yang ditinggalkannya: email. Kira-kira enam bulan setelah kematiannya, teman-temannya mulai menerima pesan dari email pribadinya. Kami tahu apa yang Anda pikirkan… rata-rata email tidak sulit untuk diretas. Masalahnya adalah… email tersebut mengacu pada percakapan pribadi dan tatap muka. Teori telah dilontarkan, tetapi tidak ada penjelasan pasti yang ditemukan.

9: Valor por Tamaulipas [alias Keberanian untuk Tamaulipas]

Sudah menjadi fakta umum bahwa perlawanan terhadap kartel Meksiko biasanya hanya berakhir pada satu arah, yakni kematian si pengganggu. Namun di negara bagian Tamaulipas, Meksiko, ada orang yang berani memutuskan untuk mengambil risiko besar tersebut. Dia memulai halaman Facebook untuk mendokumentasikan dan berbagi informasi tentang aktivitas kartel agar masyarakat tetap mendapatkan informasi dan keamanan. Dengan merangkul dunia media sosial, admin misteri ini mampu menyebarkan berita tanpa kehilangan akal; suatu prestasi yang telah dicoba dan gagal oleh banyak jurnalis menggunakan media tradisional. Meskipun operator tersebut diberi hadiah besar, identitas mereka tetap dirahasiakan, bahkan setelah mereka pensiun pada tahun 2014.

8: Bitcoin

Saat ini, Anda mungkin sudah familiar dengan bitcoin; cryptocurrency yang menarik perhatian media arus utama. Hal ini telah diterima oleh mereka yang paham teknologi, progresif secara finansial, dan dunia kriminal. Namun, kisah asal usulnya masih belum diketahui. Tentu saja, sistem bitcoin dikreditkan ke salah satu Satoshi Nakamoto, tapi itu hanya nama samaran untuk seseorang yang identitas aslinya masih dirahasiakan. Faktanya, beberapa orang percaya bahwa Satoshi bukanlah seorang programmer visioner, melainkan sekelompok programmer rahasia. Namun dengan nilai bitcoin saat ini, siapa pun Nakamoto, mereka memiliki sekitar lebih dari 2,7 miliar USD bitcoin pada pertengahan tahun 2017. 

Baca Juga:  Gedung Bappelitbang di Kompleks Balai Kota Bandung Terbakar Hebat

7: Okt282011.com

Begitu banyak pertanyaan – secara harfiah TIDAK ada jawaban. URL aneh ini dan kontennya yang bahkan lebih aneh lagi menarik imajinasi para detektif internet dan ahli teori konspirasi ketika diluncurkan pada tahun 2011. Tanggal 28 Oktober 2011 memang bertepatan dengan apa yang diyakini banyak orang sebagai tonggak penting dalam kalender Maya. Namun tanggal tersebut tampaknya tidak banyak berpengaruh pada isi situs web itu sendiri. Halaman arahan terdiri dari beberapa baris samar dan nomor telepon yang menghasilkan pesan aneh dan mengganggu. Struktur situsnya yang membingungkan dan rusak berubah secara berkala dan menyembunyikan berbagai gambar, instruksi, dan kode. Saat ini, Oct282011.com terus memikat komunitas online bahkan setelah ditutup pada tahun 2015. 

6: 973-eht-namuh-973

Selamat datang di situs web paling padat, membingungkan, dan penuh labirin di dunia. Baiklah… mungkin kita tidak bisa mengatakannya secara pasti, karena tahukah Anda, ada lebih dari 1 miliar situs web di luar sana. Meski begitu, game ini tentu saja memberikan tawaran yang kuat dan misterius untuk judul tersebut. Mencoba menavigasi situs web saja sudah merupakan suatu prestasi tersendiri, karena tampaknya ada ribuan halaman konten padat yang tersedia. Namun menguraikan makna dari campuran ayat, lukisan, dan numerologi yang melimpah ini bisa membuat pikiran yang penasaran menjadi gila. Dari tampilan situsnya, pembuatnya mungkin sudah kehilangannya! 

5: Lubang Hitam Internet

Beberapa area di ruang angkasa begitu padat sehingga baik materi maupun cahaya tidak bisa lepas. Apa yang masuk… tidak akan keluar kembali. Kekuatan luar angkasa yang menakjubkan ini telah menginspirasi banyak cerita fiksi ilmiah, namun mereka juga memberikan judulnya pada sebuah misteri duniawi – lubang hitam internet. Pernahkah Anda mengirimkan email yang tidak sampai ke penerima, namun tidak “gagal terkirim” atau memicu respons kesalahan – malah… menghilang begitu saja? Ya, ia mungkin terperangkap dalam lubang hitam internet – sebuah fenomena yang membuat para peneliti bingung. Pada dasarnya, informasi mempunyai kebiasaan hilang dalam perjalanan, tanpa penjelasan yang masuk akal mengenai ke mana perginya.

Baca Juga:  Keunikan Gereja Sampah di Mesir

4: Postingan John Titor

Semua orang menyukai seorang pahlawan… tapi itu berlaku ganda untuk pahlawan penjelajah waktu. Pada tahun 2000, seseorang mulai memposting di forum online tentang perjalanan waktu dan menjelaskan, secara relatif rinci, fungsi mesin waktunya. Kemudian memperkenalkan dirinya sebagai John Titor, dia memberikan peringatan kepada dunia mengenai masa depan, masa depannya… tahun 2036. Meskipun banyak dari prediksinya gagal menjadi kenyataan, dia menetapkan bahwa masa depannya adalah masa depan yang paralel, dan oleh karena itu tidak terjamin bagi kami. Beberapa orang mengaku telah menemukan orang iseng yang bertanggung jawab, Larry dan John Haber. Namun, masih banyak orang online yang masih percaya pada Titor sebagai yang sebenarnya. Kebenaran? Kita mungkin tidak akan pernah tahu. 

3: Paralaks Markovian Merendahkan

Usenet, pendahulu awal internet, memulai debutnya pada tahun 1980 sebagai sistem jaringan pertama yang memungkinkan komputer berkomunikasi satu sama lain. Ini mempopulerkan istilah-istilah seperti “FAQ”, “nyala” dan yang paling penting untuk kasus kami… “spam.” “Markovian Parallax Denigrate” adalah nama yang diberikan untuk sejumlah besar spam yang menyerang akun Usenet pada tahun 1996 – sebuah rangkaian kata acak yang masih coba ditafsirkan oleh orang-orang beberapa dekade kemudian. Hal ini dikaitkan dengan Susan Lindauer, seorang aktivis antiperang yang diyakini banyak orang meneruskan pesan berkode. Apakah kumpulan kata-kata aneh yang mengenkripsi informasi pemerintah ini atau hanya contoh awal dari spam yang tidak masuk akal? Anda memberitahu kami.

2: Jangkrik 3301

Semua orang menyukai misteri yang bagus… itulah sebabnya kita sebagai budaya membaca buku seperti The DaVinci Code dan menonton acara seperti “Sherlock.” Namun Cicada 3301… adalah sebuah misteri yang, meskipun memiliki semua ciri sebuah karya fiksi, sangat didasarkan pada kenyataan. Tidak ada yang tahu siapa mereka atau apa tujuan mereka, tapi kelompok rahasia ini memposting beberapa teka-teki paling menantang yang bisa dibayangkan secara online, dan kemudian mulai memeriksa hanya sedikit orang yang berhasil. Ke ujung Apa? Nah, pada saat itu, siapa pun yang melakukan pemotongan tersebut berhenti berbicara kepada pers, jadi kami tidak tahu. Ada yang mengira mereka peretas, ada pula yang menyebutnya sebagai alat rekrutmen CIA.

Baca Juga:  Reynhard Sinaga Bikin Orangtua Khawatir

1: A858

Karena Reddit adalah pusat penyelesaian masalah online berbasis komunitas, sudah sepantasnya Reddit menjadi rumah bagi semua misteri internet terbesar yang belum terpecahkan. “A858” sebenarnya adalah kependekan dari “A858DE45F56D9BC9,” nama pengguna dan subreddit, yang bertanggung jawab untuk memposting sandi yang kompleks. Sejak tahun 2011, baris kode baru diperbarui setiap hari hingga tahun 2016, dan meskipun beberapa telah rusak, jika dianggap sebagai informasi individual… jumlahnya tidak banyak. A858 bahkan pernah mengadakan AMA ekstensif, namun menghasilkan lebih banyak pertanyaan daripada jawaban. Apa pun proyeknya, kini sudah berakhir, namun tujuan dari semuanya masih jauh dari terungkap. Bicara tentang misteri era internet! (*)