07/02/2023
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Klikpos.net/Bogor – Wali Kota Bogor, Bima Arya melakukan pengecekan sekaligus ‘pelototi’ progres perbaikan infrastruktur wilayah di tiga kecamatan di Kota Bogor, Rabu (26/10/2022).

Titik pertama, Bima Arya didampingi Kabag Tata Pemerintahan Setda Kota Bogor, Marse Hendra Saputra dan Camat Bogor Timur, Rena Da Frina, beserta lurah mengecek perbaikan jembatan gantung Rawayan Parung Banteng, Kampung Bantar Peuteuy, yang menghubungkan Kelurahan Katulampa dengan Kelurahan Tajur di Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor.

Di sana Bima Arya juga mengecek kondisi sekitar lokasi, mulai dari saluran air hingga tembok penahan tanah (TPT).

Selanjutnya titik kedua yang dicek Bima Arya adalah progres perbaikan TPT di Jalan Lembur Sawah, Kelurahan Mulyaharja, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor yang sebelumnya ambruk karena longsoran.

Sambil didampingi Camat Bogor Selatan, Hidayatullah dan pihak kelurahan serta kontraktor, Bima Arya melihat progres pembangunan yang masih dalam tahap pengerjaan.

Dari laporan wilayah dan kontraktor, kondisi pekerjaan yang berada di bibir tebing jalan dan bersebelahan dengan saluran air ini juga bergantung dari kondisi cuaca.

“60 persen ya, karena kondisi cuaca juga ya,” tanya Bima Arya kepada pelaksana.

Perbaikan TPT yang dilakukan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) dengan menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Bogor ini pun disambut baik oleh warga, karena akses jalan tersebut sangat vital bagi mobilitas masyarakat sekitar yang menghubungkan antar kampung dan penghubung antara wilayah Kota Bogor di Kecamatan Bogor Selatan dan Kabupaten Bogor.

Setelah mengecek TPT, menjelang sore pengecekan perbaikan infrastruktur kembali dilanjutkan ke wilayah Kelurahan Kencana, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor untuk melihat progres peningkatan jalan dan drainase Jalan Raya Kencana – Kayu Manis yang menghubungkan tiga kelurahan di wilayah Tanah Sareal.

Baca Juga:  Pemkot Bogor - Taspen Perpanjang Kerja Sama Simgaji Berbasis Web

Sambil berjalan kaki Bima Arya mengecek peningkatan jalan dengan betonisasi yang sudah melalui tahap pengecoran.

Sebelum diperbaiki, jalan tersebut rusak parah dan terdapat banyak genangan air yang sering menjadi penyebab kemacetan panjang.

Namun, kini jalan yang sudah diperbaiki melalui dana alokasi Khusus (DAK) tersebut bisa dengan nyaman dilalui pengendara sehingga berkurangnya titik kemacetan.

Selain peningkatan jalan, perbaikan juga dilakukan terhadap saluran air atau drainase.

Pada kesempatan itu, Bima Arya juga melakukan pengecekan dan menampung aspirasi dari warga soal kondisi drainase saat cuaca ekstrem.

“Ini diperbaiki semuanya kan ya, jadi panjang sampai ke depan,” ujar Bima Arya kepada pelaksana.

Perbaikan infrastruktur oleh Pemkot Bogor tidak hanya dilakukan di pusat kota ataupun di akses utama, tak terkecuali juga di wilayah yang menjadi akses bagi mobilitas warga.

Melihat adanya perhatian pemerintah di wilayah, warga pun merasa sangat senang dan antusias ikut mengawal.

Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Tajur, Kecamatan Bogor Timur, Karim Saputra menyampaikan bahwa pada prinsipnya warga sangat senang dan terbantu.

Sebab, jembatan gantung yang menghubungkan dua kelurahan ini akses bagi masyarakat yang bekerja dan sekolah.

Ia pun menyampaikan terima kasih karena selain perbaikan jembatan juga ada penambahan TPT sehingga bisa mencegah terjadinya longsoran.

“Akses yang paling dominan itu dari katulampa ke sini, karena banyak yang kerja, kebetulan disini juga ada sekolah. Kami warga senang dan sangat berharap dan alhamdulillah dengan adanya pembangunan ini bisa lebih aman dan nyaman bagi warga,” katanya.

Sementara beberapa ketua RW di Kelurahan Kencana yang ikut mendampingi Bima Arya saat melakukan pengecekan peningkatan Jalan Kayu Manis Kencana ini merasa bersyukur, karena kondisi jalan yang rusak parah kini sudah diperbaiki dengan betonisasi.

Baca Juga:  Bima Arya Tinjau Progres Masjid Agung, Akhir Februari Ditarget Rampung Pemasangan Atap Enamel

“Alhamdulillah pak wali kota bisa datang ke sini. Awalnya rusak parah ini. Tapi sekarang sudah di beton alhamdulillah sekali,” kata Ketua RW 9, Dewi didampingi Ketua RW 1, Muslim.

Di lokasi yang sama, Ketua LPM Kencana Suaeb menyebut warga sangat antusias dengan adanya perbaikan jalan dengan betonisasi dan kunjungan Wali Kota Bogor, Bima Arya.

“Pengajuan perbaikan itu sudah sejak 2017, karena memang ini harapan warga, makanya warga sangat antusias banget ini. Dan alhamdulillah juga drainase yang kita keluhkan sekarang juga diperbaiki,” katanya.

Ia pun berharap ke depan perbaikan selanjutnya akan dilakukan pada jembatan di wilayah Kencana agar lebih indah. (Adenan Manurung)