04/02/2023
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Klikpos.net/Bogor – Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor mendukung pelestarian identitas budaya nusantara dengan melestarikan tata rias pengantin nusantara yang dilakukan

Himpunan Ahli Rias Pengantin Indonesia (HARPI) Melati Kota Bogor dalam kegiatan Pagelaran tata rias pengantin nusantara di Mal Botani Square, Rabu (21/12/2022).

Kegiatan yang dihadiri Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor, Dani Rahadian dan Ketua Tim Pembina Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Bogor, Yane Ardian menampilkan berbagai inovasi tata rias nusantara.

Dalam kegiatan itu juga dilaksanakan Eksibisi tata rias pengantin nusantara, kembalikan identitas budaya dengan melestarikan tata rias pengantin nusantara untuk ibu pertiwi dan lomba tata rias pengantin sunda siger inovasi, serta sosialisasi tata rias pengantin sekar kancana pakuan putri dan Keprabon sekar kancana pakuan.

Yane Ardian mengatakan bahwa kegiatan ini sangat luar biasa dalam upaya pelestarian budaya nusantara

“Di sini ada pagelaran, eksibisi tata rias pengantin nusantara, bisa dilihat dari sabang sampai merauke ada di sini dan dilaksanakannya di Kota Bogor,” katanya.

Yane menambahkan, dukungan dan kecintaannya terhadap budaya nusantara ini mengingatkan dirinya pada waktu 20 tahun silam ketika ia menjadi pengantin menggunakan adat budaya sunda yang dirias oleh tata rias Desi dari rumah pengantin.

Setiap daerah kata Yane, memiliki masing-masing tradisi dan Indonesia kaya akan tradisi dengan beragam tradisi dari sabang sampai merauke.

“Kalau kita tidak melestarikan, ini akan tergerus dan kalah dengan budaya asing, sehingga saya hadir disini memberikan dukungan kepada HARPI sebagai penyelenggara dan saya sangat memberikan apresiasi, karena kegiatan ini berjalan secara rutin sehingga memberikan edukasi kepada masyarakat,” ujarnya.

Baca Juga:  Penampilan Baru Okie Agustina Mendapat Banjir Pujian

Menurut Yane apa yang ditampilkan dalam kegiatan ini oleh para designer, make up artist dan tata rias sangat maksimal.

“Keren banget, saya sangat bangga dengan talenta yang dimiliki harapan dan pesan saya semua ahli tata rias pengantin harus memiliki sertifikasi kompetensi karena itu bekal untuk secara legalitas diakui di nasional maupun internasional,” katanya.

Di tempat yang sama Ketua DPC HARPI Melati Kota Bogor, Nova Fitria Ariyandi mengatakan, kegiatan ini merupakan kegiatan rutin bulanan.

Namun karena bertepatan dengan hari ibu kemudian pihaknya menginisiasi kegiatan ini diadakan untuk dedikasi kepada ibu pertiwi.

“Karena bulan ini ada peringatan hari ibu jadi kita adakan dengan cara spesial dan kemudian Alhamdulillah bu Yane mensupport dengan memberikan piala bergilir. Jadi kami adakan acara ini tema dan eksibisi memperkenalkan kepada masyarakat dan bu Yane bahwa di Indonesia ini banyak ragam pengantin yang bagus dan memang tidak keluar dari pakemnya,” katanya didampingi MUA Tia Achmad. (Adenan Manurung)