04/02/2023
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Klikpos.net/Bogor – Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor meresmikan Patung Kapten Tubagus (Tb) Muslihat karya seniman Yayat Darajat di simpang Jalan Kapten Muslihat, Minggu (25/12/2022).

Peresmian Patung Kapten Tb. Muslihat yang terbuat dari tembaga ini dihadiri Wali Kota Bogor, Bima Arya, Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim, Sekda Kota Bogor, Syarifah Sofiah dan tentunya keluarga atau ahli waris Kapten Tb. Muslihat.

“Qodarullah peresmian patung ini bertepatan dengan gugurnya Kapten Muslihat pada 25 Desember 1945 dan pada hari pembuatan patungnya juga bertepatan dengan hari lahirnya kapten muslihat yakni 26 Oktober,” ujar Bima Arya.

Bima Arya bercerita, ketika taman topi dibongkar untuk direnovasi banyak sekali warga Bogor yang meminta agar patung Kapten Muslihat tidak dibongkar. Ini menunjukkan warga Kota Bogor sangat menghormati dan mencintai sosok Kapten Tb. Muslihat. Ia pun segera meminta Kepala Disperumkim Kota Bogor untuk berkomunikasi dengan keluarga.

“Komunikasi ini untuk merencanakan bukan saja memindahkan patung ke tempat yang lebih strategis, tapi sekaligus me-reka ulang wajah, tubuh dan perawakan dari Kapten Muslihat seperti yang dilihat sekarang,” jelasnya.

Perwakilan Keluarga Kapten Tb. Muslihat, Yuanita Iskandar mengatakan, ia mengucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya kepada Pemkot Bogor yang memberi penghargaan serta mendukung pembuatan ulang patung Kapten Tb. Muslihat yang mudah-mudahan perjuangannya bisa menjadi inspirasi dan semangat bagi generasi saat ini.

“Patung ini nyaris mirip dengan sosok aki Muslihat, karena kami memakai foto aki Muslihat sebelum gugur pada 25 Desember 1945. Aki ditembak pasukan Gurkha yang menyerang Kota Bogor di deket rel stasiun jembatan merah. Setelah ditembak aki langsung dibawa pulang ke rumah di Panaragan dan meninggal di pangkuan istrinya yang saat itu sedang mengandung anak satu-satunya,” katanya. (Adenan Manurung)

Baca Juga:  Pemkot Bogor Dukung Festival Radio Bogor 2022