30/09/2023
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Klikpos.net/Cibinong – untuk meningkatkan pelayanan RT dan RW dan mengantisipasi terorisme, Desa Tarikolot, Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor, menyelenggarakan kegiatan peningkatan kapasitas RT dan RW di kantor desa, Sabtu 26 November 2022.

Kepala Desa Tarikolot, H. Kurniawan menyebutkan kegiatan itu diikuti seluruh Ketua RT dan ketua RW se Desa Tarikolot, LPM, BPD, ketua Bumdes dan beberapa warga.

Kegiatan itu dihadiri Camat Citeureup Ridwan Said dan petugas dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bogor, Nurdin.

“Kegiatan ini dihadiri oleh 39 ketua RT dan 9 ketua RW, LPM, BPD, ketua Bumdes dan beberapa warga, dengan jumlah keseluruhan peserta 50 orang,” ujar H. Kurniawan kepada Klikpos di kantornya.

Menurutnya, kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan pelayanan administrasi desa di tingkat RT dan RW.

“Selain itu juga agar para ketua RT, ketua RW dan LPM memahami tugas pokok dan fungsinya,” tandasnya.

Lebih jauh H. Kurniawan menegaskan agar aparat RT dan RW dapat meningkatkan pelayanan dan pengayoman kepada warga.

“Ketua RT dan RW adalah orang tua bagi warga masyarakat sehingga punya tanggung jawab lebih,” tandasnya.

Nurdin dari DPMD Kab. Bogor dalam paparannya menegaskan bahwa pelayanan surat pengantar RT/RW bagi warga baru masuk hendaknya melampirkan surat nikah dan mendorongnya untuk membuat Surat Keterangan Domisili.

“Bagi warga yang memiliki kontrakan diharapkan segera membuat laporan kepada ketua RT/RW, supaya terkendali bila ada warga baru. Ini penting, di antaranya untuk  mengantisipasi masuknya terduga teroris, penjual barang terlarang narkoba dan lainnya. Intinya ketua RT/RW tetap meningkatkan pengawasan kepada warga,” tandasnya.

Pada kegiatan peningkatan kapasitas bagi ketua RT dan RW se Desa Tarikolot, Kecamatan Citeureup itu berlangsung dengan antusiasme para peserta dan baru berakhir pada  pukul 16:00 WIB sore. (Rizal)

Baca Juga:  Kopi Bogor Bernilai Tinggi, Bupati Terus Dorong Jadi Produk Unggulan Nasional