28/02/2024
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Pangeran Abdul Mateen dan Yang Mulia Anisha Rosnah (foto: X).

Klikpos.net – Pangeran Abdul Mateen yang merupakan pemain polo asal Brunei, salah satu bujangan paling memenuhi syarat di Asia, menikahi tunangannya yang berasal dari rakyat jelata pada hari Kamis  (11/1/2024) sebagai bagian dari perayaan 10 hari yang mewah di kesultanan kaya minyak tersebut.

Dilansir Times of India Kamis, upacara pernikahan Islami pangeran berusia 32 tahun dan Yang Mulia Anisha Rosnah, 29, diadakan di dalam masjid berkubah emas di ibu kota Bandar Seri Begawan.

Mateen adalah anak ke-10 Sultan Hassanal Bolkiah – raja yang paling lama berkuasa di dunia dan pernah menjadi orang terkaya di dunia – dan berada di urutan bawah dalam urutan kekuasaan.

Pengantin wanitanya – cucu dari salah satu penasihat utama ayahnya – dilaporkan memiliki merek fesyen dan ikut memiliki bisnis pariwisata

Perayaan pernikahan kerajaan mencapai klimaksnya pada hari Minggu dengan upacara gemerlap di istana dengan 1.788 kamar dan prosesi yang rumit.

Daftar tamu diharapkan mencakup keluarga kerajaan internasional dan para pemimpin politik

“Ini seperti dongeng,” kata mahasiswa Syahida Wafa Mohamed Shah, 22 tahun, kepada AFP pada hari Rabu, di dekat Masjid Omar Ali Saifuddien, tempat pernikahan akan dilangsungkan.

Banyak warga Brunei berencana untuk berbaris di jalan-jalan untuk prosesi hari Minggu ketika pasangan tersebut akan lewat dengan kereta kerajaan.

“Ini seperti di film,” kata Nazatul Izzati Saifulrizal, 19.

Kemegahan dan kemegahan ekstravaganza kerajaan menyoroti kekayaan luar biasa negara kecil ini, yang hampir seluruhnya berasal dari cadangan minyak yang sangat besar.

Sebidang tanah di tepi utara pulau Kalimantan di Asia Tenggara, Brunei dipengaruhi oleh agama Buddha dan Hindu sebelum para penguasanya masuk Islam pada abad ke-14.

Baca Juga:  Bima Arya Bersama Ribuan Peserta Meriahkan Runway Run 2023 Lanud ATS

Negara ini berada di bawah kekuasaan Inggris pada abad ke-19 dan memperoleh kemerdekaan pada tahun 1984.

Sebuah monarki absolut dengan hukum Islam yang ketat dan populasi hanya sekitar 450.000 orang, Brunei adalah salah satu negara terkaya di dunia.

PDB per kapita tahunannya hampir $36.000, menurut Dana Moneter Internasional. Namun, para analis telah memperingatkan bahwa Brunei menghadapi tantangan serius untuk mendiversifikasi perekonomiannya dari minyak karena harga minyak mentah masih berfluktuasi dan cadangannya menyusut.

Meskipun Sultan telah lama kehilangan gelar orang terkaya di dunia karena menjadi miliarder teknologi, kekayaannya tetap menjadi legenda.

a dilaporkan memiliki banyak koleksi kendaraan mewah dan kediaman resminya di tepi sungai adalah salah satu istana terbesar di dunia.

Meskipun Mateen kemungkinan besar tidak akan pernah naik takhta, penampilan idola pertunjukan siangnya dan banyaknya pengikut di media sosial telah menjadikannya salah satu anggota keluarga kerajaan yang paling terkenal.

Seorang pilot helikopter di angkatan udara negaranya, ia sering dibandingkan di media dengan Pangeran Harry dari Inggris dan sebelumnya dijuluki “kerajaan panas”.

Mateen lulus sebagai kadet perwira di Akademi Militer Kerajaan Inggris Sandhurst dan mewakili negaranya dalam cabang polo di Asian Games Tenggara 2019.

Dalam beberapa tahun terakhir, ia memainkan peran yang semakin besar dalam diplomasi internasional.

Sang pangeran menemani ayahnya ke penobatan Raja Charles dan Ratu Camilla pada Mei tahun lalu, dan pemakaman Ratu Elizabeth pada tahun 2022. (Taufik BS)