17/05/2022
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
512

Klikpos.net/Cibinong-Mewujudkan visi misi daerah bukan hanya menjadi kewajiban pemerintah daerah saja, namun juga menjadi tugas seluruh stake holder.

Menyadari hal tersebut, Era Kustomi, seorang warga Perumahan Bogor Asri, Cibinong, Kab. Bogor terpanggil untuk membantu mewujudkan visi Kab. Bogor, sesuai dengan porsi  kemampuannya.

Sebagaimana mafhum diketahui visi Kab. Bogor, yakni: Terwujudnya Kabupaten Bogor Termaju,Nyaman dan Berkeadaban.

“Visi tersebut sesuai porsi dan kemampuan saya sebagai warga Bogor, ingin saya wujudkan dengan membangun kebun binatang mini di pekarangan rumah saya. Tujuannya sebagai tempat wisata edukasi murah meriah bagi anak-anak TK, SD dan SMP di lingkungan saya” ujar Era Kustomi kepada Klikpos.net, Sabtu (5/9).

Untuk mewujudkan impiannya itu, Kustomi yang kini menjabat sebagai Wakil Direktur Administrasi RSUD Cibinong ini kini tengah sibuk menyulap pekarangan rumahnya seluas 1.000 M2 untuk memelihara berbagai macam hewan peliharaan.

Di antaranya, ayam mutiara, burung love bird, kambing, lele, kura-kura dan lainnya. Berbagai macam tumbuhan produktif juga ditanam sedemikian rupa di pekarangan itu.

Untuk menghubungkan area yang satu dengan lainnya dibangun jalan setapak memakai cornblock. Beberapa fasilitas pendukung seperti musola, toilet, kamar mandi juga telah selesai dibangun. Sementara fasilitas ruang pertemuan sederhana berikut sound system, organ dan AC telah pula tersedia.

“Ini semua saya bangun bertahap sedikit demi sedikit. Semula terinspirasi dengan kedatangan ibu saya yang merasa nyaman di tempat ini, lalu terbetik keinginan untuk tempat ini bisa pula bermanfaat sebagai lokasi bermain anak-anak yang dekat dan murah” terang Kustomi.

Dengan konsep tersebut, Tomi, demikian sapaan akrabnya, berharap dapat membantu mewujudkan Kabupaten Bogor termaju, cerdas, sehat, dan berkeadaban.

Baca Juga:  Mulai 9-22 Februari Pemkab. Bogor Berlakukan PPKM Berbasis Mikro

Di sisi lain, Ny. Kustomi sangat mendukung upaya suaminya untuk membangun lokasi tempat bermain untuk pendidikan karakter anak tersebut.

“Saya suport gagasan Pak Tomi karena memang di perumahan kami perlu lokasi bermain anak yang murah meriah namun bernilai pendidikan,” ujar bu Tomi.

Sementara itu, Tomi yang dua tahun lagi akan memasuki pensiun berharap kebun binatang mini yang diberi nama Farm Ersuto tersebut dapat menjadi aktivitasnya saat pensiun nanti. Dengan demikian tak perlu mengalami post power syndrome yang sering menghantui para pensiunan.

“Saat ini tiap Sabtu-Minggu saya bersama tukang juga terus melengkapi sarana dan prasarana penunjang. Kegiatan ini terutama  di masa pandemi Covid-19 ini, bisa jadi hiburan, membuat pikiran jernih dan rileks sehingga ketika masuk kantor fresh kembali,” tandas Tomi.

Ke depan, beberapa fasilitas juga akan dibangun di lokasi yang terletak di Perumahan Bogor Asri Blok P3 no. 18 tersebut seperti; perpustakaan anak, tempat selfie dan lainnya. Diharapkan tempat itu nantinya dapat menjadi pusat edukasi anak dan kegiatan produktif masyarakat sekitar. (Fik)

2 thoughts on “Era Kustomi Wujudkan Visi Kab. Bogor dengan Membangun Kebun Binatang Mini

  1. Alhmdulillah Bpk. Era Kutomi sbg PNS dengan jabatan WaDir RSUD Cibinong Kab. Bogor yg memasuki masa purnabhakti telah berpartisipasi dalam mewujudkan Kab. Bogor termaju melalui pendidikan wisata edukasi bagi anak² TK, SD dan SMP menuju generasi yg berprestasi dengan biaya yg terjangkau, kami sebagain warga bogor asri mengucapkan terimakasih

Comments are closed.